MANDALIKA: DARI SASTRA LISAN KE PARIWISATA

Syaiful Bahri, Muhammad Shubhi

Abstract


Mandalika dalam masyarakat Sasak dikenal sebagai nama tokoh yang sekaligus dijadikan sebagai judul dalam cerita rakyat Sasak. Dalam perkembangannya Mandalika menjadi identik dengan pariwisata Lombok sebagai asal-muasal cerita tersebut. Mandalika sebagai sebuah cerita rakyat yang kemudian menjadi ikon pariwisata NTB tidak bisa dilepaskan dari alih wahana dan industri kreatif. Cerita rakyat yang kemudian dialihwahanakan dalam berbagai industri kreatif dalam kaitannya dengan pariwisata itulah yang coba dilihat dalam penelitian artikel ini. Identifikasi antara cerita rakyat dengan hasil pengalihawahaan dilakukan dengan metode perbandingan guna melihat bagian mana dari cerita rakyat yang masih dipertahankan dan dibuang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peristiwa melemparkan diri ke laut yang dilakukan oleh tokoh Mandalika menjadi bagian utama dan dominan diambil dalam berbagai alih wahana yang dilakukan. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari puncak penyelesaian masalah yang dihadapi oleh sang tokoh. Tidak mengherankan jika Mandalika dalam konteks parwisata akan menggiring orang pada peristiwa sang tokoh yang membuang diri ke laut tanpa memilih satu pun pangeran yang melamarnya.

Keywords


Mandalika, pariwisata, industri kreatif, alih wahana

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syaiful. 2017. Asal Muasal. Mataram: Kantor Bahasa NTB.

Damono, Sapardi Djoko. 2013. Sastra Bandingan. Jakarta: Editum.

Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CPAS.

Hasjim, Nafron. 1998. Sastra Daerah di Nusa Tenggara Barat: Analisis, Tema, Amanat, dan Nilai Budaya. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

Putra, I Nyoman Darma. 2019. “Sastra Pariwisata: Pendekatan Interdisipliner Kajian Sastra dan Pariwisata” makalah Seminar Nasional INOBALI 2019: Inovasi Baru dalam Penelitian Sains, Teknologi, dan Humaniora https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/issue/view/2 diunduh 9 Agustus 2022 pk. 09.00 Wita.

Soviani, Jayantika, dkk. 2016. “Makna Pengorbanan Mandalika pada Tradisi Bau Nyale: Suatu Kajian Historical Culture Ditinjau dari Perspektif Aksiologi dalam Upaya Penanaman Nilai-nilai Pancasila”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Suyasa, I Made. 2019. “Puteri Mandalika dalam Perspektif Pariwisata Sastra”. http://literasipariwisata.com/index.php/2019/01/15/putri-mandalika-dalam-perspektif-pariwisata-sastra/ diunduh 26 Januari 2021 pk. 15.00 Wita.

Wahidah, Baiq Yulia Kurnia. 2019. “Mitologi Putri Mandalika Pada Masyarakat Sasak Terkait Dengan Bau Nyale Pada Pesta Rakyat Sebagai Kearifan Lokal Tinjauan Etnolinguistik Tahun 2018” dalam Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala Vol. 4 No. 5 Desember 2019. Mataram: LPP Mandala

Yoniartini, Desak Made. 2021. “Kesetaraan Gender dalam Cerita Putri Mandalika Analisis Tzvetan Todorov” dalam Jurnal Nusa Vol. 16 No. 2 Mei 2021. Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar