FENOMENOLOGI KEARIFAN LOKAL SASTRA DALAM CERITA PENDEK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN 2022

Misnawati Misnawati, Patrisia Cuesdeyeni, Syarah Veniaty

Abstract


Karya sastra, tidak terkecuali cerita pendek merupakan salah satu representasi dari kebudayaan di Indonesia. Karya sastra tersebut sarat akan pesan dan nilai-nilai kehidupan dari suatu kelompok masyarakat yang disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Maraknya cerita pendek bertema kearifan lokal juga terjadi pada karya-karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Palangka Raya Tahun 2022. Karya-karya tersebut mengusung tema kearifan lokal Kalimantan Tengah yang dikemas secara apik oleh penulis-penulis muda tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan eksistensi kearifan lokal Kalimantan Tengah dalam cerita pendek mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2022; (2) Mendeskripsikan ragam kearifan lokal yang masih ada di Kalimantan Tengah berdasarkan cerita pendek mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2022; dan (3) Mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal di Kalimantan Tengah berdasarkan cerita pendek mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Penelitian kualitatif merupakan cara untuk menafsirkan dan menyajikan data dalam bentuk deskriptif. Data-data yang telah ada kemudian ditafsirkan dan dianalisis. Penelitian ini menghasilkan: (1) antologi naskah cerita pendek bertema kearifan lokal Kalimantan Tengah karya mahasiswa dan (2) Model penelitian Fenomenologi Kearifan Lokal Sastra Dalam Cerita Pendek Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2022.


Keywords


fenomenologi, kearifan lokal, cerita pendek, dan sastra

Full Text:

PDF

References


Ayatrohaedi. (1986). Kepribadian Budaya Bangsa (Local Genius). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Diman, P. (2020). Nyanyian Adat Masyarakat Dayak Maanyan: Suatu Pendekatan Hermeneutika. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 40-56.

Khair, U., & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Misnawati, M. P., & Anwarsani, S. P. (2000). Teori Stuktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. GUEPEDIA.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Anwarsani, A., Nurachmana, A., & Diplan, D. (2021). Representation of cultural identity of the Dayak Ngaju community (structural dynamic study). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 690-698.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. Multicultural Education, 8(02), 31-39.

Misnawati, M., Poerwadi, P., & Rosia, F. M. (2020). Struktur Dasar Sastra Lisan Deder. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 44-55.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Method. . New Delhi: Sage Publication.

Mussana, A. (2011). Rasionalitas dan Sktualitas Kearifan Lokal sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17, 6.

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Purawijaya, I. S. (1983). Pedoman Dokumentasi Kebahasaan . Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ratna, N. K. (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sartini. (2004). Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 37(12).

Setiyadi. (2012). Pemahaman Kembali “Local Wisdom” Etnik Jawa dalam Tembang Macapat dan Pemanfaatannya sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti Bangsa. Magistra, 24.

Usop, L. S. (2020). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Dayak Ngaju untuk Melestarikan Pahewan (Hutan suci) di Kalimantan Tengah. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 89-95.




DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar