PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SULAWESI TENGAH

Sitti Harisah, Fransiskus Bustan, Ulinsa Ulinsa

Abstract


Pembelajaran sastra perlu inovasi yang berpijak pada kearifan lokal agar peserta didik berkembang dinamis, namun tidak terpisah dari lingkungan dan sosial budayanya. Akan tetapi, pembelajaran sastra yang menarik bagi peserta didik kurang dipedulikan sehingga perkembangan karakter peserta didik terpisah dari lingkungan hidupnya. Padahal, kearifan lokal terbentang dari masa ke masa dan dari ruang yang satu ke ruang yang lain. Secara garis besar makalah ini membahas dua permasalahan, yaitu (1) bagaimanakah wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah yang  digunakan sebagai pijakan dalam pembelajaran sastra; (2) bagaimana penggunaan wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah dalam pembelajaran sastra. Tujuan pembahasan, yaitu (1) mendeskripsikan wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah yang digunakan dalam pembelajaran sastra; (2) mendeskripsikan penggunaan wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah dalam pembelajaran sasrta. Untuk menjawab permasalahan itu, penulis melakukan penelitian pustaka yang berkenaan dengan wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah dan penggunaannya dalam pembelajaran sastra. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah yang digunakan untuk pembelajaran sastra berupa budaya benda dan tak benda. Selanjutnya, penggunaan wujud kearifan lokal di Sulawesi Tengah dalam pembelajaran sastra melalui tahap pengenalan wujud, pengintegrasian, dan pengapresiasian.

Keywords


pembelajaran sastra, kearifan lokal, Sulawesi Tengah

Full Text:

PDF

References


Albertus, Doni Koesoma. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Ayatrohaedi, (1986). Kepribadian Budaya Bangsa, Jakarta, Pustaka Jaya.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hindun. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Masdrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Bogor: Nufa Citra Mandiri.

Khak, Muh. Abdul. dkk. 2014. Pelestarian dan Pesona Sastra dan Budayanya. Bandung: Unpad Press.

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muna, Bunda. 2013. Rahasia Mencetak Anak Jenius dan Berkarakter Positif. Klaten: Galmas Publisher.

Nuraeni, Heny Gustini. dan Alfan Muhammad. 2012. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Ranjabar, Jacobus. 2013. Sistem Sosial Budaya Indonesia suatu Pengantar. Bandung. Alfabeta.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter berbasis Sastra Internalisasi Nilai-nilai Karakter melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar