PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGAOS, MAMAOS, DAN MAENPO SEBAGAI BAGIAN TIGA PILAR BUDAYA CIANJUR

Librilianti Kurnia Yuki, Novi Anoegrajekti, Ninuk Lustyantie

Abstract


Artikel ini merupakan kajian dengan pendekatan kualitatif deskriptif berdasarkan observasi, wancara melalui angket pertanyaan yang diberikan kepada 30 orang siswa SMA kelas XI dari 34 siswa yang mengisi 4 orang adalah siswa kelas XII SMA di kabupaten Cianjur. Angket wawancara di sebar berdasarkan jenjang kelas XI yang disebarkan secara acak melalui google formulir pada tahun 2022 kemudian di analisis menggunakan analisis data Bogdan dan Biklen. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang adanya fenomena siswa Sekolah Menengah Atas yang tidak lagi menyukai sastra seperti puisi dibuat dengan latar belakang pengalaman pribadi saja tanpa memasukan nilai edukasi yang mengandung unsur-unsur kearifan lokal seperti ngaos, mamaos, dan maenpo. Oleh karena itu penelitian ini dibuat untuk memberikan konsep baru dalam menerapkan pembelajaran menulis puisi berbasis kearifan lokal Ngaos, Mamaos, dan Maenpo sebagai bagian Tiga Pilar Budaya Cianjur di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Hasilnya diperoleh bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai konsep tiga pilar budaya Cianjur kepada para siswa lebih efektif dalam menghasilkan karya sastra puisi yang memiliki nilai edukasi bagi penyitasnya serta mampu mengekpresikan maksud dan tujuan si penulis lebih dalam lagi

Keywords


edukasi, ngaos, mamaos, maenpo, puisi, pilar budaya

Full Text:

PDF

References


(Bogdan & Biklen, 1982) dalam Moleong (2011:248). (2010). Analisis Data dalam bentuk Kualitatif. Emzir. PT. RajaGrafindo Persada. 2010. ISBN. 9789797693046. Analisis Data Dalam Kualitatif - preview & related info | Mendeley

Anoegrajekti, N., Macaryus, S., Kusumah, M. S., Izzah, L., & Attas, S. G. (2018). The Oral Tradition of Petik Laut Banyuwangi Revitalization of Tradition and Local-Global Political Space. KnE Social Sciences, 3(9), 595. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2723

Aronson, J. (1995). A pragmatic view of thematic analysis. The Qualitative Report. https://doi.org/10.4135/9781446214565.n17

Heryana, A. (2018). FALSAFAH PENCA CIKALONG DALAM “GERAK SESER”. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 10(2). https://doi.org/10.30959/patanjala.v10i2.387

Hurri, I., & Munajat, A. (2016a). Local Wisdom Value (Ngaos, Mamaos, dan Maenpo) is Function as Base Character Education of Student High School in Cianjur Regency. International Seminar on Social Studies and History Education.

Hurri, I., & Munajat, A. (2016b). Local Wisdom Value (Ngaos, Mamaos, dan Maenpo) is Function as Base Character Education of Student High School in Cianjur Regency. International Seminar on Social Studies and History Education, 208–220. http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/389

Ilmiyah, R., Wasino, W., & Utomo, U. (2019). The Development of Local Wisdom-Based Contextual Social Science Teaching Materials with The Theme of Indahnya Kebersamaan

(The Beauty of Togetherness) for Journal of Primary Education. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27622

Kadiyono, A. L., & Harding, D. (2017). Religiosity and psychological well-being: Implication to improve disaster management. Advanced Science Letters, 23(11). https://doi.org/10.1166/asl.2017.10197

Kertayasa, I. W., Suandi, I. N., & Utama, I. D. G. B. (2019). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X MIA 2 SMA N 1 SUKASADA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618

Khoeriyah, E., Erwina, W., & Sukaesih. (2017). DOKUMENTASI BUDAYA ‘KUDA KOSONG’ CIANJUR RAMCANG BANGUN BIBLIOGRAFI BERANOTASI SEBAGAI LITERASI DOKUMENTASI BUDAYA, KESENIAN KUDA KOSONG CIANJUR. Proceeding of The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching (ICoLLiT), ISSN 2549-, 660–668. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8919

Ridwan, N. A. (2007). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Ibda` | Vol. 5 | No. 1 | Jan-Jun 2007 |27-38.

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. https://adoc.pub/sugiyono-metode-penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif10565ff6ea5cec7f00a9decc376995df81672.html

Thobroni, G. (2019). Pengertian Puisi, Unsur & Jenis Menurut Para Ahli. Serupa.Id.

Triyani, E., Putra, N. M. D., & Alimah, S. (2019). Contextual learning by local wisdom to improve the understanding of simple machine concept. Jurnal Profesi Keguruan. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/18670

Yuki, L. K. (2019). Pembelajaran Membaca Puisi Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL). Jurnal Soshum Insentif. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.167




DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar