HIPER REALITAS DAN IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM LAGU DAERAH BUGIS ‘ININNAWA SABBARAE’ (KONSEP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER)

Kasma F. Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengidentifikasi nilai-nilai  kearifan lokal dalam lagu daerah Bugis yang diduga  relevan dengan fenomena kehidupan hyper reality. Lagu daerah Ininnawa sabbarae adalah merupakan warisan seni budaya lokal yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal Bugis. Lagu tersebut  biasanya dinyanyikan oleh para orang tua untuk penanaman karakter pada anak-anak mereka. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif qualitatif dengan analisis data yang menggunakan teori hermeneutika dan semiotika. Data penelitian berupa kata, prase, dan kalimat yang  bersumber dari lagu daerah Bugis  “Inninawa Sabbarae”. Konsep nilai yang ditanamkan melalui lagu daerah tersebut diduga untuk penguatan karakter sabar, baik, dan sederhana bagi anak-anak sejak dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga konsep nilai pendidikan karakter dalam lagu daerah tersebut yaitu nilai kesabaran, nilai kesederhanaan, dan nilai kebenaran. Konsep pendidikan karakter dalam kearifan lokal Bugis tersebut belum termasuk dalam Rencana Strategis (Renstra) pendidikan karakter bangsa dari 18 butir yang telah dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, sehingga perlu menjadi pertimbangan bagi kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk memasukkan nilai kesabaran dan nilai kesederhanaan dalam kurikulum untuk mendukung penguatan pendidikan karakter siswa..

Keywords


hyperrealitas, kearifan lokal, pendidikan karakter, lagu daerah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Atabik, 2014. Teori Kebenaran Perspektif Filasafat Ilmu. Jurnal Fikrah. Vol 2, no.1, Juni.

Sinung Mufti H. 2020. Nilai dalam kebenaran yang hakiki Pengembangan Ilmu Berbasis Nilai Spiritual. Jurnal Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Aliyatul H. 2020. Manipulasi Tanda dalam Cerpen “Bertengkar Berbisik” jurnal Alayasastra. Vol.16. no 1, Mei. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Yogyakarta

D. Nurlaida Khotimah. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal IlmiahKependidikan Vol. 2 No.1, Februari 2019 Hal. 28-31 ISSN 2615-544330.

Erwin Saputra, dkk. 2021 Nilai kesederhanaan Abdul Rozak Fachruddin sebagaiTauladan Generasi Z dan Post Gen Z. Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Vol. 1 No. 2.

F. Amin. Kasma. 2016. Metode dan Strategi Penelitian Sastra. Pustaka AQJogyakarta.

F. Amin. Kasma. 2022. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter bagi SiswaMelaluiCerita Rakyat. Journal of Social Implementation Humanities.Vol. 2 Juli 2022.

F. Nurmansyah. 2021. Hiperrealitas pada Media Sosial Pengguna Instagram diKalangan Mahasiswa. Jurnal Ad-dariyah Dialektika Sosial dan Budaya.Vol 2. No.2.

F. R. Alfiah (2020) Hiperrealitas Konsumsi Tanda dan Makna pada Trending FashionJilbab oleh Mahasiswi. Journal Fikri Kajian Agama, Sosial, dan Budaya. Vol.5 No. 2.

Misbahuddin, 2021. Konsep sabar dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah. Jurnal Media KajianAl-Quran dan Al-Hadist MultiPerspektif Vol. 17, No.2 Juli 2020.

Muslich. Masnur. 2016. Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara. Bandung.

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan,Pembinaan, dan Perlindungan Bahasa dan Sastra.

Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Rustam, dkk. 2019. Penanaman nilai kesederhanaan bermuatan Kearifan Lokal pada Generasi Z Tafsir Al-Quran 2019.

S. Mazid. Dkk. 2020. Nilai-Nilai Kearifan Lokal sebagai Pembentuk Masyarakat. Journal Pendidikan Karakter. UNY

Selasih. D.P. 2016. Upaya Meningkatkan Sikap Hidup Sederhana Melalui Pembelajaran Model PAKEM. FKIP. UMP




DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI) INDEXED BY:

Google Scholar