Menakar Pembelajaran Sastra Daerah Di Sekolah

Kasma F. Amin, Siti Suwadah Rimang, Nurtaqwa Amin, Muliadi Muliadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menakar pembelajaran sastra daerah di sekolah. Sampel diambil dari 1500 responden mahasiswa semester awal. Penetapan mahasiswa sebagai sampel guna mengetahui pengetahuan  sastra daerah mahasiswa sebagai luaran sekolah tingkat SMA se Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan adalah teknik random sampling, sejumlah 1215 mahasiswa yang memberi respon, dan sebanyak 25 responden guru. Uji validitas angket responden mahasiswa diperoleh r hitung > r tabel (0,24) dan alpha Cronbach sebesar 0,93 > 0,75, sedangkan uji validitas angket guru menghasilkan r-hitung > r-tabel (0,95) dan alpha Cronbach sebesar 0,74> 0,65. Hasil pengumpulan data untuk responden mahasiswa menunjukkan pengetahuan mahasiswa tentang sastra daerah masih sangat rendah (≦21%), pernah mendapatkan materi tentang sastra daerah Bugis Makassar hanya (≤18%  dan yang mendapatkan sastra daerah melalui lingkungan keluarga dan sosial (≤25%), melalui media online (27%). Responden guru bahasa Indonesia yang menyampaikan materi tentang sastra daerah masih sangat kurang (≤32%). Pengetahuan guru tentang sastra daerah Bugis Makassar masih sangat rendah (≤33%). Perencanaan dan pelaksanaan tentang pengajaran sastra daerah belum terlaksana dengan baik terbukti dari pengetahuan mahasiswa tentang sastra daerah masih sangat kurang yang berkorelasi dengan pengetahuan guru tentang sastra daerah juga yang masih sangat kurang. Temuan menunjukkan bahwa realitas pengetahuan sastra daerah Bugis Makassar bagi responden wanita lebih tinggi daripada responden laki-laki, pada umumnya responden wanita lebih tinggi pemerolehan sastra daerah melalui media online.

Keywords


sastra sejarah, pembelajaran, dan realitas

Full Text:

PDF

References


Al-afandi. 2021. Metode Pembelajaran Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Guru tua : Jurnal pendidikan dan pembelajaran e-ISSN : 2623-2340 .vol. 5, no. 1, mei 2022, hal. 41-48

Beach, Richard W. dan Marshall, James D. 1991. Teaching Literature in the Secondary Scholl. San Deigo:Harcourt Brace Jovanovich, Publishers.

Bessai, N. A. (2018). Using Oxford’s Strategy inventory of language learning. American Scientific Research Journal for Engineering Technology and Sciences (ASRJETS), 42(1),166-187. https://asrjetsjournal.org/index.php/American_ Scientific_Journal/article/view/4019.

Darmoko. 2018. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah dalam Konteks Pengembangan Ilmu Pengetahuan Budaya: Studi Fungsi dan Kedudukan. Seminar nasional bahasa, sastra daerah, dan pembelajarannya (SN-BDSP). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FPBS - Universitas PGRI. Semarang, 21 februari 2018.

Demetriou, C., Ozer, B. U., & Essau, C. A. (2015). Self‐report questionnaires. In R. L. Cautin, & S. O. Lilienfeld (Eds.). The encyclopedia of clinical psychology. New York, NY: John Wiley & Sons Inc., pp. 1-5.

Gusnawati, G., & Nurwati, A. (2018). Learning model of Bahasa Indonesia as a foreign language based on local intercultural politeness. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 141-155. doi:10.21831/cp.v38i1.23164.

M. L. Arifin, dkk 2023. Analisis Pemahaman Literal Siswa Perspektif Gender. Jurnal Papeda; Vol 5, No.1, Januari 2023. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/3305-Article%20Text-7382-1-10-20230130-1.pdf

SSW Lubis. 2017. Sastra Daerah dalam Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Arraniry. https://jurnal.ar-raniry.ac.id

Thomas Frans. 2017. Pembelajaran Bahasa dan Sastra sebagai Penguatan dan Pemertahanan Nilai-Nilai Lokal. Jurnal Tahuri, Volume 14, Nomor 2, Agustus 2017.

Permendikbud No 42 tahun 2018 Tentang Kebijakan Nasional Kebahasaan dan Kesastraan.




DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar