Kearifan Lokal Sumatera Selatan dalam Penulisan Cerpen: e-Modul Alternatif Pembelajaran Karakter di Sekolah

Sri Indrawati, Anisa’u Fitriyatus Soliha, Izzah Izzah, Ernalida Ernalida

Abstract


Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk kearifan lokal. Bentuk kearifan lokal ini perlu dijaga agar nilai-nilai yang terkadung di dalamnya dapat dijadikan pedoman dalam berkehidupan. Sumatera Selatan memiliki banyak cerita rakyat. Terdapat pesan moral dan nilai edukasi dalam cerita rakyat tersebut.  Nilai-nilai moral itu  diharapkan    dapat membentuk penanaman   karakter. Melalui cerita rakyat penanaman kakrakter seperti ketaqwaaan,  kedisiplinan, kepahlawanan, kegotongroyongan, kerelaaan berkorban, kepatuhan dapat ditumbuhkembangkan. Cerpen salah satu materi yang disukai siswa dapat dikembangkan menjadi alternatif pembelajaran penanaman  karakter. Apalagi  pembelajarannya  menggunakan media digital tentulah sangatlah menarik. Selain itu juga, pembelajaran dengan media digital diharapkan dapat  meningkatkan motivasi dan hasil belajar. E-modul sebagai pembelajaran digital diharapkan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Dengan dikemas melalui pembelajaran e-modul  materi teks cerpen dapat meningkatkan kemampuan  menulis  siswa. Dengan pembelajaran e-modul  ternyata siswa dapat belajar mandiri, menyenangkan, waktu yang sering menjadi kendala dapat diatasi

Kata Kunci: kearifan lokal, pembelajaran karakter

Keywords


kearifan lokal, cerpen, modul ajar, sriwijaya

Full Text:

PDF

References


Diana, P.Z. & Wirawati, D. (2023). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran,

, (2), 153-160.

Indrawati, S., Ernalida, Turama, A.R. & Malik,A. (2022), Relasi Alam dan Manusia dalam Sastra Lisan Sumatera Selatan: Sebuah Kajian Ekofenomenologi. Logat: Bahasa dan Pembelajarannya, 9(1), 65-77.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Hutahaen, Siwandari, Harini. Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN : 978-623-92913-0-3

Lamusu, (2020). Kearifan Lokal dalam Sastra Lisan Tuja’I pada Upacara Adat Pinangan Masyarakat Gorontalo. LITERA, 3(19), 505-521.

Mastiah, Mutaqin N.S. Tirsa A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis

Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. Diakses dari:https:// journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS/article/view/5113

Nurfitriani, A.I., Nurhasanah, E, & hartati, D,. (2023). Kearifan Lokal Dalam Kumpulan Cerpen Dari Timur 1 2 3: Pilihan Makassar Internasional Writers Festival. Jurnal Education and Development, 11(1), 150-159.

Putra, Wendy P. (2017). Ratu Bagus Kuning. Palembang: Balai Bahasa Sumatera Selatan

Rahmawati IS. (2018). Cerita Rakyat Nyi Rambut Kasih Sebagai Wujud Kearifan Lokal terhadap Pendidikan Sastra di Majalengka. 2 (1). Diakses dari jurnal.unma.ac.id /index.php/dl/article/view/1526

Republika, 2016. Tradisi Sastra Lisan Sumatera Selatan Terancam Lenyap. Diakses dari (https://nasional.republika.co.id, 18 februari 2021.

Saputro AM, Arifin M.B. Hefni A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas XI SMK. Diakses dari: http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/98

Sari, U.L. 2017. Buaya Muara: Asal Usul Sungai Rengit. Palembang: Balai Bahasa.

Sintia, R., Pratami, Pratami, F. & Fitriyah, L. (2023). Pengembangan E-Modul pada Materi Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Negeri 1 Belitang Jaya. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 115-123

Subadiyono., Joni, E., Dyah, S. & Muslim. . 2000. Sembesat dan Sembesit. Palembang: Balai Bahasa.

Sucini E, Nuhayati, Saripudin A. (2022). Penggunaan E-Modul Berbantuan Flipbook dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Naskah Drama Berbasis Cerita Rakyat. 28 (2) 275- 287. Diakses dari

https://sawerigading.kemdikbud.go.id /index.php/sawerigading/article/view/1052

Sudarmanto, B.A. 2020. Sastra Lisan dalam Menunjang Pengembangan Pariwisata di Sumatera Selatan. LOGAT: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(17), 1-14.

Sugihartini, N. & Jayanta, N.L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (2), 221-228.

Sumiati, Indrawati, S. & Ernalida. (2023). The E-Module Development of Writing Procedure Text With Google Sites For Seventh Graders at Islamic Integrated JHS Harapan Mulia Palembang.ENGLISH REVIEW: Journal of English Education, 3(11), 511-630.

Syukur LA, Ibrahim I, dkk. (2022). Pengembangan Penulisan Cerpen Berbasis Cerita Rakyat pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univeristas Halu Oleo. Diakses dari https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id /jurnal/index.php /kandai

Trisman, B. 2004. Elang Dempo: Menetaskan Bujang berkutung di Istana Jelita. Jakarta: Pusat Bahasa.

Yass, B. (2000). Cerita Rakyat dari Sumatera Selatan 2. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar