Kearifan Lokal Sumatera Selatan dalam Penulisan Cerpen: e-Modul Alternatif Pembelajaran Karakter di Sekolah
Abstract
Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk kearifan lokal. Bentuk kearifan lokal ini perlu dijaga agar nilai-nilai yang terkadung di dalamnya dapat dijadikan pedoman dalam berkehidupan. Sumatera Selatan memiliki banyak cerita rakyat. Terdapat pesan moral dan nilai edukasi dalam cerita rakyat tersebut. Nilai-nilai moral itu diharapkan dapat membentuk penanaman karakter. Melalui cerita rakyat penanaman kakrakter seperti ketaqwaaan, kedisiplinan, kepahlawanan, kegotongroyongan, kerelaaan berkorban, kepatuhan dapat ditumbuhkembangkan. Cerpen salah satu materi yang disukai siswa dapat dikembangkan menjadi alternatif pembelajaran penanaman karakter. Apalagi pembelajarannya menggunakan media digital tentulah sangatlah menarik. Selain itu juga, pembelajaran dengan media digital diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. E-modul sebagai pembelajaran digital diharapkan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Dengan dikemas melalui pembelajaran e-modul materi teks cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dengan pembelajaran e-modul ternyata siswa dapat belajar mandiri, menyenangkan, waktu yang sering menjadi kendala dapat diatasi
Kata Kunci: kearifan lokal, pembelajaran karakterKeywords
Full Text:
PDFReferences
Diana, P.Z. & Wirawati, D. (2023). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran,
, (2), 153-160.
Indrawati, S., Ernalida, Turama, A.R. & Malik,A. (2022), Relasi Alam dan Manusia dalam Sastra Lisan Sumatera Selatan: Sebuah Kajian Ekofenomenologi. Logat: Bahasa dan Pembelajarannya, 9(1), 65-77.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Hutahaen, Siwandari, Harini. Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED ISBN : 978-623-92913-0-3
Lamusu, (2020). Kearifan Lokal dalam Sastra Lisan Tuja’I pada Upacara Adat Pinangan Masyarakat Gorontalo. LITERA, 3(19), 505-521.
Mastiah, Mutaqin N.S. Tirsa A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis
Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. Diakses dari:https:// journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS/article/view/5113
Nurfitriani, A.I., Nurhasanah, E, & hartati, D,. (2023). Kearifan Lokal Dalam Kumpulan Cerpen Dari Timur 1 2 3: Pilihan Makassar Internasional Writers Festival. Jurnal Education and Development, 11(1), 150-159.
Putra, Wendy P. (2017). Ratu Bagus Kuning. Palembang: Balai Bahasa Sumatera Selatan
Rahmawati IS. (2018). Cerita Rakyat Nyi Rambut Kasih Sebagai Wujud Kearifan Lokal terhadap Pendidikan Sastra di Majalengka. 2 (1). Diakses dari jurnal.unma.ac.id /index.php/dl/article/view/1526
Republika, 2016. Tradisi Sastra Lisan Sumatera Selatan Terancam Lenyap. Diakses dari (https://nasional.republika.co.id, 18 februari 2021.
Saputro AM, Arifin M.B. Hefni A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas XI SMK. Diakses dari: http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/98
Sari, U.L. 2017. Buaya Muara: Asal Usul Sungai Rengit. Palembang: Balai Bahasa.
Sintia, R., Pratami, Pratami, F. & Fitriyah, L. (2023). Pengembangan E-Modul pada Materi Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Negeri 1 Belitang Jaya. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 115-123
Subadiyono., Joni, E., Dyah, S. & Muslim. . 2000. Sembesat dan Sembesit. Palembang: Balai Bahasa.
Sucini E, Nuhayati, Saripudin A. (2022). Penggunaan E-Modul Berbantuan Flipbook dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Naskah Drama Berbasis Cerita Rakyat. 28 (2) 275- 287. Diakses dari
https://sawerigading.kemdikbud.go.id /index.php/sawerigading/article/view/1052
Sudarmanto, B.A. 2020. Sastra Lisan dalam Menunjang Pengembangan Pariwisata di Sumatera Selatan. LOGAT: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(17), 1-14.
Sugihartini, N. & Jayanta, N.L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (2), 221-228.
Sumiati, Indrawati, S. & Ernalida. (2023). The E-Module Development of Writing Procedure Text With Google Sites For Seventh Graders at Islamic Integrated JHS Harapan Mulia Palembang.ENGLISH REVIEW: Journal of English Education, 3(11), 511-630.
Syukur LA, Ibrahim I, dkk. (2022). Pengembangan Penulisan Cerpen Berbasis Cerita Rakyat pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univeristas Halu Oleo. Diakses dari https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id /jurnal/index.php /kandai
Trisman, B. 2004. Elang Dempo: Menetaskan Bujang berkutung di Istana Jelita. Jakarta: Pusat Bahasa.
Yass, B. (2000). Cerita Rakyat dari Sumatera Selatan 2. Jakarta: Grasindo
DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2988-4357
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL
HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)
INDEXED BY: