KOMIK DIGITAL PULO KEMARO: UPAYA PELESTARIAN NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMATERA SELATAN

Hani Atus Sholikhah, Ernalida Ernalida, Putri Permata Lika

Abstract


Implementasi  nilai kearifan lokal  melalui cerita  rakyat telah banyak dilakukan, seperti identifikasi dan dokumentasi, ataupun penelitian sastra murni. Upaya tersebut hanya sampai  pada tahap bidang keilmuan sastra, pendidikan bahasa dan sastra ataupun  kajian histori.  Padahal, era saat ini agar cerita rakyat tetap eksis harus bertransformasi  ke arah  digital. Untuk dapat bertransformasi  dengan baik,  cerita  rakyat Pulo Kemaro perlu dibuat dalam bentuk komik digital. Dengan pemanfaatan IPTEK saat ini, cerita rakyat Pulo Kemaro dapat diadaptasikan ke dalam komik digital sehingga dapat lebih mudah diakses, biaya lebih terjangkau, dan wawasan yang berkembang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data melalui nilai-nilai kearifan lokal dan pendekatan perancangan komik digital. Dasar perancangan mengacu pada data berupa desain karakter tokoh  dan unsur storytelling melalui komik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama,  nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada karakter dalam cerita rakyat Pulo Kemaro  ialah nilai sosial, nilai estetika,  nilai ekonomi, nilai budaya, dan  nilai politik. Komik Pulo Kemaro mengedepankan nilai sosial dan politik dalam penceritaan. Kedua, perancangan komik digital dapat meningkatkan pendekatan aspek storytelling dalam pembuatan naskah komik yang dapat menghadirkan pesan-pesan yang terkandung dalam nilai-nilai pendidikan karakter. Ketiga, komik ini dikembangkan dalam perancangan di media digital instagram dan youtube sehingga dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, khususnya generasi muda.

 


Keywords


kearifan lokal, komik digital, storytelling

Full Text:

PDF

References


Abdullah, J., Irwan D. dan La Fandi. 2020. “Pembelajaran kearifan lokal di SMP Negeri 2 Kota Ternate”. Jurnal Geocivic, Vol 3, Nomor 2, Oktober 2020.

Arianti, D.2021.Kearifan lokal dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia.Linguistik : Jurnal Bahasa & Sastra, Vol.6 No.1 Januari-Juni 2021 e- ISSN 2548 9402 | | DOI : 10.31604/linguistik.v6i1.115-123 http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik

Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V Sdn Geluran 1 Taman. Jurnal Education And Development, 9(3), 542-554.Fathoni, K., Setiowati, Y., & WS, L. P. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Komik Digital Cerita Wayang Kulit sebagai Media Pembalajaran Budaya Jawa Berbasis Android. SCAN-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 51–58

Hartini, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran ips menggunakan poster grafis dengan materi potensi dan sebaran sumber daya alam indonesia untuk siswa smp kelas VII. Social Studies, 6(6), 694-707.

Jafar, A. F. (2021). Pengembangan Komik elektronik (e-comic) usaha dan pesawat sederhan kelas VIII MTs Negeri 6 Bulukumba. Al-Khazani: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1-18.

Jenks, Chris. (2013). Culture studi kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kharisma, G.I. dan Maria R.T. (2023).Menumbuhkan nilai-nilai budaya melalui model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 08 Nomor 01 April 2023 Halaman: 61 - 66.

Kharisma, G. I., & Rahayu, I. K. (2021). Descriptive-text teaching materials based on local wisdom in the border area for junior high school students. retorika: jurnal bahasa, sastra, dan Pengajarannya.https://doi.org/10.26858/retorika.v14i1.15019

Mahdiyah, N. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Ma’arif Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akuntansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 68–76.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246-251

Samsurijal, Suhardi, I., & Mapease, M.Y. (2022). Efektivitas media elektronik komik digital untuk meningkatkan prestasi belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 10519-10535.

Senoprabowo, A., & Khamadi, K. (2018). Model transformasi mainan warak ngendog sebagai upaya pelestarian budaya mainan tradisional Kota Semarang. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 221-238.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan media pembelajaran komik digital pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185.




DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar