TRADISI PEMBUATAN KAPAL DALAM MASYARAKAT MARITIM MELALUI SEJARAH, KEARIFAN LOKAL BERBASIS INDISTRI KREATIF DI MASYARAKAT PULAU TIDUNG KEPUALAUAN SERIBU

Siti Gomo Attas, Novi Anoegrajekti, Gres Grasia Azmin, Rizki Wardani

Abstract


Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Jakarta, menawarkan keindahan alam dan sejarah maritim yang kaya. Tradisi pembuatan kapal di pulau ini, warisan sejarah maritimnya, dan potensi industri kreatif menjadi fokus artikel ini. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian mencakup sejarah, pelestarian tradisi dan pengaruh kearifan lokal dalam pembuatan kapal. Pulau Tidung memiliki keberagaman jenis kapal tradisional, seperti Pinisi, Jong, dan Juanga, mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Tradisi pembuatan kapal di Pulau Tidung tidak hanya praktik teknis, tetapi juga ekspresi nilai-nilai lokal dan kearifan budaya. Industri kreatif berbasis kearifan lokal dapat berkembang melalui pengembangan produk, promosi wisata, penyerapan tenaga kerja lokal, dan produksi souvenir. Metode penelitian melibatkan teknik observasi dan wawancara, menghasilkan pemahaman mendalam tentang sejarah, pelestarian, dan pengaruh kearifan lokal dalam tradisi pembuatan kapal. Potensi pengembangan industri kreatif di Pulau Tidung mencakup desain produk modern, tur pembuatan kapal, penyerapan tenaga kerja lokal, dan produksi souvenir. Artikel ini menyimpulkan bahwa Pulau Tidung memiliki potensi untuk menciptakan ekosistem industri kreatif yang berkelanjutan, memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan melestarikan kearifan budaya setempat.


Keywords


Pembuatan Kapal, Kearifan Lokal, Industri Kreatif, Pulau Tidung

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. R. (2021). Makna Simbolik Perayaan Ulambana di Vihara Bahtera Bhakti Ancol serta Pesan Kerukunan Antarpenganut Agama-Agama. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ardiwidjaja, R. (2018). Arkeowisata: Mengembangkan Daya Tarik Pelestarian Warisan Budaya. Deepublish.

Attas, S. G., Anoegrajekti, N., Ansoriyah, S., & Wardani, R. (2021). Karakteristik Tradisi Silat Mandar dalam Pertunjukan Palang Pintu sebagai Kearifan Lokal di Masyarakat Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 1, 149–154.

Dimyati, E. (2011). Kisah 1001 Museum: Yuk, Bertualang ke Museum di Jakarta (Pertama). PT Gramedia Pustaka Utama.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Puspitasari, M., & Perkasa, A. W. A. P. (2023). Taman Arkeologi Onrust: Merentang Sejarah Pertahanan Hingga Menjadi Destinasi Wisata Budaya Berkelanjutan (Pertama). CV. Intelektual Manifes Media.




DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar