PEMANFAATAN ETALASE SASTRA LOKAL DALAM INOVASI PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF UNTUK PENGUATAN KARAKTER

Yuni Pratiwi

Abstract


Makalah ini ditulis berdasarkan refleksi pengalaman mengajar dan kajian pustaka. Paparan  difokuskan desain pemanfaatan etalase sastra lokal dalam inovasi pembelajaran menulis  kreatif sastra untuk penguatan karakter. Elatase sastra lokal diartikan sebagai pajanan sastra lokal dalam buku teks pelajaran, media sosial, buku cetak, dan cerita rakyat yang dituturkan secra lngsung oleh para juru cerita pada suatu komunitas lokal yang dapat diakses siswa. Spiritualitas kehidupan, gagasan pemikiran, harapan, dan kreativitas masyarakat pendukung sastra lokal dapat menjadi sumber inspirasi penulisan kreatif cerpen dan sekaligus yang diawali dengan  riset keilmuan (sederhana) sebagai  landasan pemahaman  sastra lokal dengan lebih cerdas dan arif. Inovasi  pembelajaran didesain melalui inovasi komponen isi pembelajaran, sintaks pembelajaran,  kreativitas bahasa, serta asesmen  yang mendorong peserta didik melakukan interaksi intensif  dengan sastra lokal. Desain inovasi pembelajaran sekaligus memberi ruang bagi peserta didik  mengembangkan pengalaman untuk meningkatkan literasi tentang sastra lokal yang akan menguatkan karekter yang bersumber dari kearifan lokal.

 


Keywords


etalase sastra lokal, inovasi pembelajaran, menulis kreatif, penguatan karakter

Full Text:

PDF

References


Alfarizi, S.G., Pratiwi, Y. & Karkono Karkono. (2022) . “Writing A Critical Fantasy Short Story: The Development of Foklore-Based Teaching Materials”. http://journal.um.ac.id/ index.php/ jptpp/ article/view/21255

Haegeman, L. (1991). Introduction to Government and Binding Theory, Oxford: Balcwel Publisher.

Hammond, L.D. (2008). Power Learning, What We Know About Teaching for Understanding. San Fransisco: Jossey-Bass.

Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Profil Pelajar Pancasila: Menggali Makna, Manfaat, dan Implementasinya. 2 Agustus 2023. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/profil-pelajar-pancasila-menggali-makna-manfaat-dan-implementasinya/

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. na.

Ong, W.J. (2-13). Kelisanan dan Keberaksaraan. (I.R., Trans) Yogyakarta: Gading Publishing.

Pratiwi, Y., Andalas, E.F., & Dermawan, T. (2017). Penelitian Sastra Lisan Kontekstual: Performance -Centered-Approach. Malang: Kota Tua.




DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN: 2988-4357

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)

 

INDEXED BY:

Google Scholar