PEMANFAATAN ETALASE SASTRA LOKAL DALAM INOVASI PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF UNTUK PENGUATAN KARAKTER
Abstract
Makalah ini ditulis berdasarkan refleksi pengalaman mengajar dan kajian pustaka. Paparan difokuskan desain pemanfaatan etalase sastra lokal dalam inovasi pembelajaran menulis kreatif sastra untuk penguatan karakter. Elatase sastra lokal diartikan sebagai pajanan sastra lokal dalam buku teks pelajaran, media sosial, buku cetak, dan cerita rakyat yang dituturkan secra lngsung oleh para juru cerita pada suatu komunitas lokal yang dapat diakses siswa. Spiritualitas kehidupan, gagasan pemikiran, harapan, dan kreativitas masyarakat pendukung sastra lokal dapat menjadi sumber inspirasi penulisan kreatif cerpen dan sekaligus yang diawali dengan riset keilmuan (sederhana) sebagai landasan pemahaman sastra lokal dengan lebih cerdas dan arif. Inovasi pembelajaran didesain melalui inovasi komponen isi pembelajaran, sintaks pembelajaran, kreativitas bahasa, serta asesmen yang mendorong peserta didik melakukan interaksi intensif dengan sastra lokal. Desain inovasi pembelajaran sekaligus memberi ruang bagi peserta didik mengembangkan pengalaman untuk meningkatkan literasi tentang sastra lokal yang akan menguatkan karekter yang bersumber dari kearifan lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfarizi, S.G., Pratiwi, Y. & Karkono Karkono. (2022) . “Writing A Critical Fantasy Short Story: The Development of Foklore-Based Teaching Materials”. http://journal.um.ac.id/ index.php/ jptpp/ article/view/21255
Haegeman, L. (1991). Introduction to Government and Binding Theory, Oxford: Balcwel Publisher.
Hammond, L.D. (2008). Power Learning, What We Know About Teaching for Understanding. San Fransisco: Jossey-Bass.
Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Profil Pelajar Pancasila: Menggali Makna, Manfaat, dan Implementasinya. 2 Agustus 2023. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/profil-pelajar-pancasila-menggali-makna-manfaat-dan-implementasinya/
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. na.
Ong, W.J. (2-13). Kelisanan dan Keberaksaraan. (I.R., Trans) Yogyakarta: Gading Publishing.
Pratiwi, Y., Andalas, E.F., & Dermawan, T. (2017). Penelitian Sastra Lisan Kontekstual: Performance -Centered-Approach. Malang: Kota Tua.
DOI: https://doi.org/10.51817/psni.v1i0.149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2988-4357
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL
HIMPUNAN SARJANA-KESUSASTRAAN INDONESIA (HISKI)
INDEXED BY: